Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu dan Fungsi menu Ms word 2010




A. Microsoft Word 2010
Microsoft Word 2010 adalah aplikasi pengolah katayang merupakan kelanjutan dari lanjutan dari versi sebelumnya. Aplikasi pengolah kata produk Microsoft ini  dirancang untuk membantu Anda membuat dokumen profesional berkualitas seperti laporan, dokumen berbentuk surat, brosur, tabel dan masih banyak lagi dokumen-dokumen yang dapat dikerjakan dengan menggunakan Microsoft Word terutama Microsoft Word 2010

Microsoft Word 2010 juga dilengkapi dengan fasilitas dan fitur terbaru dan canggih diantaranya fasilitas digital signature, publikasi dokumen ke dalam format PDF dan XPS dan masih banyak lagi keunggulan-keunggulan lainnya yang dapat kita rasakan ketika menggunakan progam Microsoft Word 2010.


Fitur Baru Microsoft Word 2010
Terdapat beberapa fitur yang membuat Microsoft Word 2010 mempunyai nilai tawar tinggi. Berikut ini adalahbeberapa gambaran singkat dari beberapa fitur dari Microsoft Word 2010.
  1. Menyediakan kemampuan untuk menciptakan dan mengubah tampilan.
  2. Sekilas Ribbon pada Microsoft Word 2010 terlihat sama dengan Microsoft Word 2007 ini salah kelebihan yang membuat kita lebih merasa terbiasa atau cepat akrab dengan tampilan ribbon Micosoft Word 2010. Selain itu kita juga dapat menyesuaikan tombol Ribbon pada navigasi dengan langkah-langkah sebagai berikut: dari menu File pilih Optionpada tampilan Word Option pilih Customize Ribbon. Quick Access Toolbar juga dapat disesuaikan di Microsoft Word 2010
  3. Selain menekan "Control + F" untuk fitur Find, Microsoft Word 2010 sekarang telah mempunyai Opsi “Find”, “Replace” and “Select” di sudut kanan atas dari Panel Navigasi.
  4. Pilihan Paste Preview dalam Microsoft Word 2010 membuatnya lebih mudah untuk menyalin/memotong dan menyisipkan teks, grafik, grafik, dan lain sebagainya sehingga Anda tidak perlu melakukan banyak hal untuk mengorganisir kembali dalam dokumen.
  5. Anda juga dapat langsung mengambil screen shots (gambar layar), Microsoft Word 2010 ini memiliki fitur yang dapat digunakan, Anda hanya cukup pergi ke menu Insert pilih Screenshot untuk mengambil gambar layar.
  6. Microsoft Word 2010 juga memiliki OpsiBackground Removal yang dapat menhapus latar belakang gambar. Cukup memasukkan gambar ke dalam dokumen Word Anda, kemudian pilihBackground Removal Tool
Microsoft Word termasuk Microsoft Word 2010 dengan segala macam kelebihannya sangatlah membantu bagi pemakainya, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa semua program sesempurna apapun pasti ada kekurangan-kekurangan yang mengikutinya, tak terkecuali dengan Microsoft Word 2010.


B. Menu dan Fungsi Microsoft word 2010



Menu pada file
  1.  Save: untuk menyimpan file yang telah kita buat (ctrl+s)
  2.  Save as : untuk menyimpan file yang telah kita buat dan disimpan sesuai
  3. Open : membuka file yang telah kita buat sebelumnya (ctrl+o)
  4. Close : untuk menutup aplikasi Microsoft world
  5. Info : untuk mengetahui informasi tentang document yang kita ketik
  6. Recent : untuk melihat document yang telah kita hapus sebelumnya
  7. New : untuk membuka document baru (ctrl+n)
  8. Print : untuk mencetak document yang telah kita buat
  9. Save & send : untuk menyimpan document dan kemudian kita kirim
  10. Help : untuk meminta bantuan-bantuan pada Microsoft world
  11. Options : untuk pengaturan pada Microsoft word
  12. Exit : untuk keluar Microsoft world

Menu pada home
  1. Paste : Gunanya untuk menempelkan tulisan atau gambar atau apapun  yang sebelumnya telah kita Copy terlebih dahulu (ctrl+v)
  2. Cut : Digunakan untuk memotong sesuatu entah itu gambar atau apapun yang akan kita potong atau ambil (ctrl+x)
  3. Font : Digunakan untuk memilih jenis huruf yang akan kita ketik
  4. Font size : Digunakan untuk mengukur berapa ukuran huruf yang kita Inginkan (ctrl+])
  5. (Bold) : digunakan untuk menebalkan warna huruf ataupun angka sesuai yang Kita inginkan (ctrl+B)
  6. I (Italic) : digunakan untuk memiringkan huruf ataupun angka yang kita inginkan (ctrl+I) 
  7.  U (Underline) : Digunakan untuk membuat garis bawah pada suatu huruf dan angka (Ctrl+U)
  8.  abc (Strikethrough) : Digunakan untuk mencoret huruf  atau angka
  9. X(Subsript) : Digunakan untuk memangkatkan angka di bawah (Ctrl+shift+=)
  10. X(Superscript) : Digunakan untuk memangkatkan angka di atas (Ctrl+shift++)
  11. (Grow font) : digunakan untuk memperbesar huruf atau angka (ctrl+>)
  12. (Shrink Font) : Digunakan Untuk memperkecil huruf atau angka  (ctrl+<)
  13. A (text effect) : Digunakan untuk memberi effect atau variasi pada huruf ataupun angka
  14. (change case) : Digunakan untuk menginginkan huruf besar, kecil, maupun besar Semua
  15. Ab Text High Light Color : Digunakan untuk memberi warna background pada tulisan atau angka
  16. Font Color : Digunakan Untuk memberi warna pada huruf atau angka sesuai yang kita inginkan
  17. Clear Formatting : Membersihkan aplikasi atau menu yang kita gunakan
  18. Bullets : Digunakan untuk memberi tanda
  19. Numbering : Digunakan untuk memberi angka secara otomatis
  20. Align Teks Left  : Tulisan rata kiri pada teks (ctrl+L)
  21. Center : Tulisan rata tengah pada teks (ctrl+E)
  22. Align Teks right : Tulisan rata kanan (ctrl+R)
  23. Justify : Tulisan rata kanan dan kiri (ctrl+J)
  24. Line Paragraph spacing : mengatur berapa spasi paragraph pada tiap kalimat
  25. Line Paragraph spacing : mengatur berapa spasi paragraph pada tiap kalimat
  26. Increase indent : seperti fungsi tab tapi ini tab kanan
  27. Shading : Digunakan untuk memberi warna pada background secara keseluruhan
  28. Sort : Mengurutkan sesuai abjad dari a-z ataupun sebaliknya
  29. Inside Border : Digunakan untuk memberi sejenis tabel tetapi bukan tabel
  30. Change Style : Digunakan untuk memberikan model bentuk huruf pada semua huruf secara otomatis
  31. Change Style : Digunakan untuk memberikan model bentuk huruf pada semua huruf secara otomatis
  32. Replace : Digunakan sebagai mengganti huruf yang salah (ctrl+H)
  33. Select : digunakan seperti mouse tetapi menandai



Menu pada insert
  1. Cover page : digunakan untuk membuat cover seperti cover buku
  2. Blank page : digunakan untuk membuka lembaran baru pada Microsoft word
  3. Page break : Digunakan untuk langsung menuju ke halaman berikutnya  (ctrl+return)
  4. Table : digunakan untuk membuat tabel
  5. Picture : digunakan untuk memberi gambar
  6. Clip art : digunakan untuk memberi clip art
  7. Shapes : digunakan untuk memberi bentuk-bentuk yang kita inginkan pada shapes
  8. Smart art digunakan untuk memberi diagram yang lebih beragam dari pada chart
  9. Chart : digunakan untuk memberikan diagram sesuai yang kita inginkan
  10. Screen shoot : memasukkan gambar yang ada di luar windows yang program belum di minimize
  11. Hyperlink : digunakan untuk membuat link menuju halaman web, gambar, atau alamat email/program.
  12. Bookmark : penanda hal tertentu pada dokumen
  13. Cross-reference : penanda suatu hal yang walaupun hal tersebut pindah lokasi tetapi tetap dapat diketahui
  14. Header : mengganti header dalam dokumen
  15. Footer : mengganti footer dalam dokumen
  16. Page number : untuk memberikan nomor pada tiap lembar
  17. Text box : untuk membentuk tulisan seperti kotak
  18. Quick parts : memasukkan potongan yang dapat dipakai lagi
  19. WorldArt : untuk memberi font yang bervariasi
  20. Signature line : memberikan tempat tanda tangan
  21. Date & time : untuk memberi tanggal dan waktu pada dokumen
  22. Object : untuk memasukkan suatu objek pada dokumen
  23. Equation : untuk memasukkan rumus matematika secara otomatis (Alt+=)
  24. Syimbol : untuk memasukkan symbol yang tidak ada dalam keypad 


Menu pada Page Layout
  1. Theme : memberikan tema pada dokumen kita
  2. Theme color : memberikan warna yang kita inginkan pada theme
  3. Theme font : memberikan bentuk font pada tema dokumen
  4. Theme effect : Untuk mengganti efek tema
  5. Margins : untuk mengatur tepi kanan, kiri, atas, bawah pada dokumen
  6. Orientation : untuk menngatur bentuk kertas pada saat kita mengetik
  7. Size : untuk memberikan ukuran kertas
  8. Hyphenation : mengatur pemisah spasi antar huruf atau kata
  9. Watermark : untuk memberikan tulisan yang kabur pada teks seperti ijasah
  10. Page color : untuk memberi warna pada lembar document kita
  11. Page border : untuk memberikan garis tepi pada setiap document
  12. Indent : Jarak garis masuk tiap dimulainya paragraf
  13. Spacing Spasi tiap paragraph
  14. Object position Mengatur posisi obyek dalam teks
  15. Bring forward : membawa kedepan obyek
  16. Send backward : membawa obyek ke belakang
  17. Align : pengaturan alinea paragraph
  18. Group : menggabungkan obyek jadi satu
  19. Rotate : memutar obyek yang dipilih
  20. Wrap text : Merubah tatanan obyek pada teks,bisa di belakang teks juga 



Menu pada References
  1. Table of contents : untuk membuat daftar isi secara otomatis
  2. Add text : untuk menambah teks pada daftar isi
  3. Update table : untuk mempebarui daftar isi
  4. Insert footnotes : untuk membuat catatan kaki
  5. Insert citation : memasukkan kutipan
  6. Insert endnote : untuk memberi catatan akhir (alt+ctrl+D)
  7. Next footnote : mengatur catatan kaki selanjutnya dalam teks
  8. Manage sources : mengatur daftar sumber yang akan dimasukkan dalam Kutipan
  9. Style : memilih gaya tulisan dalam kutipan
  10. Bibliography : untuk memberi daftar pustaka
  11. Insert caption : untuk memberi foto dalam teks dengan penjelasan
  12. Insert table of figure : memberikan tabel, daftar, atau foto
  13. update table : untuk memperbarui daftar
  14. mark entry : menandai teks dalam document untuk dimasukkan dalam Indeks (alt+shift+X)
  15. insert index : untuk membuat indeks
  16. update index : untuk memperbarui daftar index
  17. Mark citation : memasukkan daftar penulis
  18. insert of authorities : memasukkan daftar penulis


Menu pada Mailings
  1. Envelopes : untuk membuat amplop
  2. Labels : menampilkan label pada word
  3. Start mail merge : memulai membuat surat
  4. Select recipient : memilih orang yang akan kita kirimi
  5. Addres block : menunjukkan alamat pada surat
  6. Edit recipient list : merubah daftar penerima surat
  7. Highligt merge fields : tandai dengan warna tempat yang akan berubah tiap surat berisi penerima yang berbeda
  8. Greeting line : baris surat yang berisi salam
  9. insert merge field : memberikan data tentang apa saja yang ada dalam Penerima
  10. Rules : aturan tertentu untuk ditambahkan dalam mail merge
  11. match field : untuk mencocokkan penerima agar tidak ada yang sama
  12. update label : merubah susunan label dengan penerima surat
  13. preview result : menayangkan hasil sesuai dengan apa yang akan dilihat oleh penerima
  14. go to record : menayangkan rekaman tertentu dalam daftar penerima
  15. find recipient : menemukan penerima yang diinginkan
  16. auto check for errors : pengecekan kesalahan otomatis
  17. finish anCd merge : selesai proses pembuatan mail merge


Menu pada Review
  1. Spelling & grammer : untuk mengecek ejaan dan susunan kata dalam teks
  2. Research (alt+click) : untuk membuka panel mengenai pencarian kata
  3. Thesaurus : menyarankan kata lain yang memiliki arti mirip dengan kata yang dipilih
  4. Translate : untuk menterjemahkan ke bahasa yang kita inginkan
  5. language : pilihan bahasa
  6. new comment : tambahkan komentar tentang yang dipilih
  7. delete : untuk menghapus komentar
  8. previous : melihat komentar yang sebelumnya
  9. next : melihat komentar yang setelahnya
  10. track changes : jejak dari perubahan dalam document
  11. final show markup : tayangan untuk mengecek kembali isi dokumen
  12. show markup : untuk memilih markup apa yang cocok tampilkan  di dokumen
  13. reviewing pane :  untuk mengecek dokumen
  14. accept :  untuk menerima penerimaan yang telah diubah
  15. reject : untuk menghapus penerimaan
  16. previous : melihat document sebelumnya
  17. next : melihat revisi yang setelahnya dibuat
  18. compare : untuk melihat du dokumen dan membandingkannya
  19. block authors : untuk membuat document yang dibuat tidak bisa diubah oleh orang lain
  20. restrict editing : untuk mengunci dokumen agar tidak diubah orang lain


Menu pada View
  1. Print layout : melihat kertas kerja yang akan di print
  2. full screen : melihat kertas kerja secara keseluruhan
  3.  web layout : melihat dokumen yang di unduh dari website
  4. outline : melihat document yang telah kita ketik dengan jelas
  5. Draft : melihat document yang kita ketik secara sekilas saja
  6. Ruler : untuk mengukut obyek document yang kita keti
  7. Gridlines : memberi garis kotak-kotak pada document yang kita buat
  8. navigation pane : untuk membantu kita melihat dokument
  9. Zoom : untuk melihat lebih besar document yang kita ketik
  10. 100% : untuk melihat document dalam ukuran 100%
  11. One page : untuk melihat document dalam satu halaman penuh
  12. Two page : untuk melihat document dalam dua halaman penuh
  13. Page width : untuk membuat memperbesar lebar dokumen dengan layar
  14. New wndow : membuka dokumen baru tetapi dengan document yang sama
  15. Arrange all : untuk memperlihatkan semua program yang saling bersebelahan di layar
  16. Split : membagi layar menjadi dua bagian untuk melihat pada waktu bersamaan
  17. Synchronous scrolling : untuk scroll dua document, sehingga bergerak  bersamaan
  18. Reset window position : untuk mengulang posisi window seperti semula
  19. Switch windows : untuk memilih document yang sejenis tapi berbeda
  20. Macros  Melihat daftar makro, yang mana dapat berlari, menciptakan, atau menghapus suatu makro

Itulah penjelasan dalam artikel kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua . Sekian dan terima kasih :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

 Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art dan Watermark, Page border, smart art, Footnote dan Comment

Teknik dan panduan membuat kutipan dengan citation dan daftar pustaka dengan bibliography

Fungsi vlookup dan hlookup serta perbedaan fungsi tersebut