Drop Cap, Columns, Header & Footer, Clip Art dan Watermark, Page border, smart art, Footnote dan Comment
A. Drop Cap
Dalam surat kabar atau majalah, sering ditemukan drop cap atau huruf yang berukuran besar di awal paragraf. Drop cap ini lazim digunakan selain untuk menonjolkan bagian text di awal paragraf, namun juga sering digunakan sebagai penghias dan sisi artistik.
Saya akan menjelaskan sedikit pengertian Drop cap atau dropped. Arti dari drop cap adalah huruf atau kata pertama dalam paragraph yang ditampilkan lebih besar dan mencolok, kegunaan dari drop cap ini antara lain adalah jika seseorang meminta kamu untuk membuatkan cerita pendek, atau cerita rakyat dan sebagainya kamu bisa menggunakan fasilitas ini untuk ceritamu agar bisa menjadi menarik.
B. Columns
Berfungsi untuk membuat kolom pada lembar kerja yang telah kita buat, misalnya pada saat membuat journal yang menggunakan mode tulisan 2 kolom maka kita dapat menggunakan fungsi tersebut.
C. Header & Footer
Fungsi header & footer pada Microsoft Word adalah sebagai catatan atau tulisan yang berada di bagian atas dan bagian bawah sebuah dokumen yang akan muncul terus menerus pada dokumen berikutnya. Catatan yang berada pada bagian atas dinamakan header dan catatan yang berada dibagian bawah dokumen disebut dengan footer.
Cara membuat header dan footer pada Microsoft Word sangat mudah, akan tetapi untuk pemula kadang terasa sangat sulit dan agak membingungkan. Untuk itu untuk membuat header dan footer pada Microsoft word akan saya jelaskan, ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Buka lembar kerja Microsoft Word anda
- Selanjutnya klik insert pada menu bar
- Pada kolom atau group Header dan Footer pilih header untuk menambahkan tulisan yang berada diatas artikel anda, dan pilih footer untuk menambahkan tulisan yang berada dibagian bawah
- Ketika anda klik tombol header atau footer maka akan muncul template dari header atau footer
- Scroll ke bawah untuk memilih template header dan footer, kemudian klik template pilihan anda suka
- Tulis catatan atau note pada header dan footer anda
D. Clip Art dan Watermark
- Clip art = Mempunyai fungsi untuk menyisipkan suatu gambar yang ada di dalam menu clip art, microsoft sendiri menyediahkan berbagai macam gambar untuk anda gunakan.
Watermark merupakan teks atau gambar yang muncul di belakang teks pada suatu dokumen. Biasanya untuk memberikan identitas mengenai status suatu dokumen, seperti menandai dokumen sebagai DRAFT atau CONFIDENTIAL.
Jika Anda menggunakan gambar, Anda dapat membuatnya transparan sehingga tidak akan mengganggu teks pada dokumen tersebut. Jika Anda menggunakan teks, Anda dapat memilih dari teks yang sudah tersedia (built-in phrases) atau mengetik sendiri sesuai dengan teks yang Anda inginkan.
Anda juga dapat menggunakan gradients, patterns, pictures, solid colors, atau textures untuk background. Jika Anda menyimpan dokumen sebagai sebuah halaman web, textures dan gradients disimpan sebagai file JPEG dan patterns disimpan sebagai file GIF
E. Page borders
Page borders digunakan apabila isi dari suatu halaman ingin diberi bingkai, corak atau warna latarbelakang tertentu agar tampilannya lebih indah dan menarik untuk dilihat. Page Borders, biasanya digunakan untuk membuat figura, piagam penghargaan, sertifikat, dan lain-lain.
Untuk membuat Page borders, ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu sebagai berikut :
Tool Borders and Shading pada Tab Home
- Letakkan kursor dimana saja
- Klik tab Home
- Pada kelompok Paragraph, pilih tombol pilihan tool pilih Borders and Shading
- Pilih tab Page Border, hingga muncul kotak dialog Page Border.
- Pada Setting, pilih bentuk border yang diinginkan
- Pada Art, pilih bentuk artisitik yang diinginkan.
- Pada Apply to, pilih apakah ingin seluruh halaman, dari mulai posisi kursor sampai akhir dokumen, atau pada posisi kursor saja.
- Klik OK
Tool Page Borders pada Tab Page Layout
- Klik tab Page Layout
- Pada kelompok Page background, pilih tombol klik tool Page Borders
- Pilih tab Page Border
- Langkah selanjutnya, lakukan langkah yang sama seperti Tool Borders and Shading pada Tab Home
F. Smart art
Smart Art mempunyai fungsinya menyisipkan ataupun menampilkan diagram ataupun bagan pada lebar kerja anda (document). Seperti diagram Process, Cycle, Hierachy, Relationship, Matrix, Pyramid.
G. Footnote dan Comment
- Footnote atau catatan kaki merupakan catatan yang menyebutkan sumber dari suatu kutipan. Footnote merupakan daftar keterangan khusus yang biasanya ditulis di bagian bawah setiap lembaran atau akhir bab karangan ilmiah. Footnote biasa digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar, menjelaskan sumber kutipan atau sebagai pedoman penyusunan daftar bacaan/bibliografi.
- Ketika kita membaca suatu file Microsoft Word terkadang kita merasa perlu menambahkan catatan atau memberi komentar pada kata tertentu di file tersebut, tetapi tanpa merubah isi dari file itu sendiri. Misalnya kita menerima materi berupa file Microsoft Word hendak menambahkan catatan tanpa merubah isi materi tersebut. Contoh lainnya ketika kita diminta mengoreksi file karya ilmiah milik teman dan kita harus memberikan komentar pada tulisan tersebut.Untuk menambahkan catatan atau memberi komentar pada Microsoft Word kita bisa menggunakan fitur "Comments” yang tersedia di Microsoft Word. Fitur ini terletak di barisan menu “Review”.Langkah untuk menambahkan catatan atau memberi komentar pada Microsoft Word adalah sebagai berikut :
- Pilih atau blok kata/kalimat yang akan diberi komentar (catatan)
- Setelah itu klik menu Review
- Pilih “New Comment”
- Lalu ketikkan catatan atau komentar yang ingin diberikan
- Setelah selesai silahkan simpan file tersebut
Nah itu lah artikel kali ini yang dapat saya sampaikan sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat untuk kita semua. :)
Komentar
Posting Komentar